Langsung ke konten utama

Smartphone Lahirkan Para Pembajak Musik Baru


Dulu pambajakan hanya dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki seperangkat media berharga mahal untuk bisa menggandakan sebuah keping CD menjadi ribuan anak-anak haramnya. Selanjutnya ketika teknologi internet dan software semakin berkembang dan menjadi sesuatu yang murah, semakin banyak orang bisa mengkloning sebuah karya musik. Dan kini di era saat dunia dipindahkan ke dalam genggaman tangan setiap orang, era di mana tangan dan jari manusia semakin eksis, hal ironis itu terjadi. Berbagai gadget di genggaman banyak orang itulah yang kini bisa membuat semua orang bisa membajak karya musik dengan sangat leluasa.

Beberapa hari yang lalu saya tergelitik mendengarkan hasil rekaman siaran radio favorit yang sengaja saya rekam karena di saat yang sama harus mengerjakan hal lain.  Suara hasil rekaman ternyata sangat jernih seperti tak mengalamai kompresi. Penasaran dengan hasilnya jika diputar melalui player di komputer, saya pun memindahkannya ke laptop. Ternyata kualitas audionya memang sangat baik seperti hasil ripping CD atau sama dengan jernihnya suara radio ketika rekaman itu dibuat.

Saya akhirnya kembali memeriksa fitur recording dalam ponsel. Di sana ada 2 fitur yang peruntukkannya berbeda meski bisa digunakan untuk pekerjaan yang sama yakni merekam. Yang menarik adalah fitur merekam langsung dari sumber yang ternyata bisa “memindahkan” siaran radio dengan durasi sangat lama dan sangat selektif hingga suara sekitar bisa diredam. Hasilnya rekaman yang tersimpan pun jernih dan seolah tak mengalami kompresi.

Fitur merekam langsung dari sumber sebenarnya sudah disematkan di beberapa ponsel generasi sebelum smartphone, namun biasanya hasilnya mengalami kompresi atau formatnya sukar diolah melalui komputer. Sementara berbagai smartphone zaman sekarang rupanya menyematkan fitur recording yang jauh lebih sempurna dari sekedar perekam biasa.

Fitur merekam langsung dari sumber seperti ini jauh lebih mudah dibanding merekam siaran streaming melalui laptop atau komputer yang memerlukan software khusus. Selain tidak tergantung dengan koneksi internet, fitur merekam langsung yang disematkan pada beberapa smartphone juga tidak memerlukan aplikasi tambahan karena sudah menjadi bagian yang terintegrasi dengan ponsel. Hanya memerlukan satu kali sentuh untuk merekam siaran dengan bagian yang bisa kita pilih untuk disimpan langsung ke dalam memori.

Pada akhirnya saya mencoba menemukan sendiri jawaban mengapa banyak lagu yang baru diperkenalkan di radio, tidak dibuat dalam bentuk fisik dan belum dijual di pasar digital dalam hitungan menit langsung beredar secara luas di berbagai website ilegal. Boleh jadi kloningan lagu-lagu itu dihasilkan dari fitur recording di berbagai smartphone yang dalam sekejap memindahkan sebuah lagu dari radio ke dalam memori eksternal dan dengan dukungan koneksi internet akhirnya tersebar secara ilegal.

Pembajakan sepertinya telah menjadi kerja kreatif yang selalu berhasil melompat satu langkah lebih maju dibanding upaya pencegahannya. Kini membajak lagu tak hanya mudah dan cepat, tapi juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Sayangnya lompatan itu justru dilahirkan oleh sebuah perangkat yang melabeli dirinya si cerdas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MILO CUBE, Cukup Dibeli Sekali Kemudian Lupakan

Alkisah, gara-gara “salah pergaulan" saya dibuat penasaran dengan Milo Cube. Akhirnya saya ikutan-ikutan membeli Milo bentuk kekinian tersebut.   Milo Cube (dok. pri). Oleh karena agak sulit menemukannya di swalayan dan supermarket, saya memesannya melalui sebuah marketplace online . Di berbagai toko online Milo Cube dijual dengan harga bervariasi untuk varian isi 50 cube dan 100 cube. Varian yang berisi 100 cube yang saya beli rentang harganya Rp65.000-85.000.   Pada hari ketiga setelah memesan, Milo Cube akhirnya tiba di tangan saya. Saat membuka bungkusnya saya langsung berjumpa dengan 100 kotak mungil dengan bungkus kertas hijau bertuliskan “MILO” dan “ENERGY CUBE”. Ukurannya benar-benar kecil. Satu cube beratnya hanya 2,75 gram, sehingga totalnya 275 gram.   Milo Cube yang sedang digandrungi saat ini (dok. pri). "Milo Kotak", begitu kira-kira terjemahan bebas Milo Cube (dok. pri). Tiba saatnya unboxing . Milo Cube ini berupa bubu

Sewa iPhone untuk Gaya, Jaminannya KTP dan Ijazah

Beberapa waktu lalu saya dibuat heran dengan halaman explore instagram saya yang tiba-tiba menampilkan secara berulang iklan penawaran sewa iPhone. Padahal saya bukan pengguna iPhone. Bukan seorang maniak ponsel, tidak mengikuti akun seputar gadget, dan bukan pembaca rutin konten teknologi. iPhone (engadget.com). Kemungkinan ada beberapa teman saya di instagram yang memiliki ketertarikan pada iPhone sehingga algoritma media sosial ini membawa saya ke konten serupa. Mungkin juga karena akhir-akhir ini saya mencari informasi tentang baterai macbook. Saya memang hendak mengganti baterai macbook yang sudah menurun performanya. Histori itulah yang kemungkinan besar membawa konten-konten tentang perangkat Apple seperti iphone dan sewa iPhone ke halaman explore instagram saya. Sebuah ketidaksengajaan yang akhirnya mengundang rasa penasaran. Mulai dari Rp20.000 Di instagram saya menemukan beberapa akun toko penjual dan tempat servis smartphone yang melayani sewa iPhone. Foto beberapa pelanggan

Berjuta Rasanya, tak seperti judulnya

“..bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu..” 14 Mei lalu saya mengunjungi toko buku langganan di daerah Gejayan, Yogyakarta. Setiba di sana hal yang pertama saya cari adalah majalah musik Rolling Stone terbaru. Namun setelah hampir lima belas menit mencarinya di bagian majalah saya tak kunjung mendapatinya. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan-jalan menyusuri puluhan meja dan rak lainnya. Jelang malam saya membuka tas dan mengeluarkan sebuah buku dari sana. Bersampul depan putih dengan hiasan pohon berdaun “jantung”. Sampul belakang berwarna ungu dengan beberapa tulisan testimoni dari sejumlah orang. Kembali ke sampul depan, di atas pohon tertulis sebuah frase yang menjadi judul buku itu. Ditulis dengan warna ungu berbunyi Berjuta Rasanya . Di atasnya lagi huruf dengan warna yang sama merangkai kata TERE LIYE . Berjuta Rasanya, karya terbaru dari penulis Tere Liye menjadi buk