Langsung ke konten utama

Resep Pria Baik-Baik: NASI GORENG CERITA CINTA

Satu jenis masakan yang sebenarnya bukan makanan favorit saya adalah nasi goreng. Tak terlalu sering saya memilihnya sebagai menua tapi jika sedang ingin menikmatinya saya lebih sering membuatnya sendiri daripada membeli di luar. Alasannya cukup sepele karena saya tidak suka saus, MSG, tidak makan seafood, tidak makan pedas dan sebisa mungkin menghindari MSG. Oleh karena itu setiap memasak sesuatu bumbu yang kerap saya gunakan hanya garam, bawang putih, bawang merah dan kadang merica bubuk. Begitu juga ketika membuat nasi goreng, saus dan MSG tak pernah saya sertakan. Dan ini adalah resep yang saya gunakan jika memasak nasi goreng.

Bahan & Bumbu:
-          Nasi putih secukupnya untuk 1 porsi, jika masih panas dinginkan lebih dulu
-          Tomat segar
-          Bakso daging sapi
-          3 sendok makan minyak goreng
-          1 butir telur ayam
-          1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih
-          2 buah cabai merah besar, 1/2 buah cabe rawit
-          1 sendok teh garam
-          ½ sendok teh kecap manis
-          Daun bawang
Mari memasak:
-          Panaskan minyak
-          Uleg dan haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan garam seperti halnya membuat sambal
-          Masukkan sambal yang sudah jadi ke dalam minyak panas lalu tumis setengah menit
-          Masukkan telur dan aduk bersama sambal hingga setengah matang
-          Masukkan nasi dan masak hingga rata, setelah 5 menit masukkan kecap manis, irisan bakso, irisan daun bawang lalu masak dengan api sedang selama 3 menit
-          Sajikan dan tambahkan potongan tomat segar
Plating:
-          Salah satu kebiasaan saya yang kerap membuat ribut rumah adalah urusan menata masakan. Saya suka menyertakan apa saja yang ada di kulkas baik sebagai garnish maupun campuran masakan. Hasilnya ketika plating pun masakan yang saya buat menjadi sangat “ramai” meski kadang bentuknya aneh O_o. Jika sedang rempong segala macam dedaunan dan "benda" biasanya saya sertakan untuk plating O___o.

Tapi khusus nasi goreng cerita cinta ini platingnya cukup minimalis, garnishnya pun nyaris tak ada kecuali potongan tomat. Selamat menikmati nasi goreng sehat Cerita Cinta.

Komentar

  1. Bawang merah biasanya lbh banyak mas dr bawang putih..coba deh bawang merahnya lbh banyak pasti lbh enak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah dapat komentar dari spesialis fastfood..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Pusaka Kraton Yogyakarta

Mengenal Lebih Dalam Anggrek Phalaenopsis amabilis, Bunga Nasional Indonesia

Phalaenopsis amabilis (L.) Blume adalah salah satu dari sekitar 36 jenis Anggrek anggota marga Phalaenopsis. Jenis anggrek ini sering dikenal dengan nama Anggrek Bulan. Padahal jika diperhatikan morfologi bunganya, Anggrek ini lebih mirip dengan kupu-kupu, sesuai dengan asal kata Phalaenopsis yakni “Phalaina”  yang berarti kumbang, kupu-kupu dan “Opsis” yang berarti bentuk. Oleh karena itu di beberapa negara Anggrek ini juga dikenal dengan nama Moth Orchid (Anggrek Kumbang).
Pembentukan genus Phalaenopsis dilakukan oleh ilmuwan dunia bernama Carl Blume pada tahun 1825  berdasarkan penemuan Phalaenopsis amabilis di Nusa Kambangan, Jawa Tengah. Sebelumnya Phalaenopsis amabilis pernah ditemukan terlebih dahulu oleh Rumphius pada 1750. Namun pada saat itu Rumphius mengidentifikasinya sebagai anggota marga Angraecum.
Phalaenopsis amabilis adalah anggrek epifit yang hidup menempel pada batang atau dahan tumbuhan berkayu. Batangnya sangat pendek dan tertutup oleh daun yang berbentuk jorong , t…

Kenali Tipe Anggrek lalu Tanam dengan Hati

Anggrek sudah dikenal luas semenjak 200 tahun yang lalu. Bahkan jauh sebelum masehi anggrek telah dikenal oleh masyarakat Asia Timur seperti Jepang dan China sebagai tanaman obat.
Di Indonesia Anggrek mulai dibudidayakan sejak 55 tahun lalu. Sepanjang itu pula, tidak hanya di Indonesia, melainkan hampir di seluruh dunia Anggrek dikenal sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang beraneka ragam bentuk, warna dan keindahannya dianggap belum tersaingi oleh bunga apapun. Sebagai tanaman hias Anggrek juga tidak mengenal trend dan selalu digemari apapun zamannya.
Namun demikian banyak yang beranggapan menanam Anggrek adalah hal yang sulit hingga banyak orang yang akhirnya memilih menyerah merawat Anggrek di halaman rumahnya.  Apalagi untuk membungakannya juga tidak mudah. Anggapan ini tak sepenuhnya salah karena Anggrek memang memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya memerlukan perlakuan sedikit berbeda dari tanaman lainnya. Selain itu harus diakui faktor tangan dingin seseorang ik…