Langsung ke konten utama

DIKJUT BiOSC 2013: Perapian dan Rintihan Tengah Malam

Minggu Malam, 9 Juni 2013. Kami berdelapan berkumpul mengelilingi perapian yang susah payah kami nyalakan. Mungkin setelah hampir 1 jam merenung menatapi kayu-kayu agar api nya mau keluar dan berpijar. Beberapa kali upaya gagal, mulai dari membakar menggunakan minyak tanah, plastik sampai kami berikan doa-doa supaya para kayu itu terketuk hatinya untuk mau terbakar dan menyala. Sesekali Abid menaburkan tembakau dan garam ke atasnya. Entah apa yang ada di otaknya. Tapi ramuannya tetap saja gagal membuat api berpijar hingga akhirnya Amalina datang membawa semangkuk briket dan membakarnya di bawah tumpukan kayu itu. Hasilnya? gambar di bawah ini bicara.

Waktu baru saja menunjukkan lewat pukul 00.00 suara aneh seperti rintihan kesakitan terdengar dari arah tenda peserta. Sebenarnya bukan saya yang pertama kali mendengarnya, melainkan Cesar atau mungkin 4 panitia wanita yang saat itu juga masih terjaga. Waktu itu kami tinggal berenam yang berjaga di camp sementara peserta yang baru saja menghabisi tenaga (dan mungkin mentalnya) dalam jelajah selama 6 jam sudah berada di tendanya masing-masing. Sementara para panitia inti masih berada di pendopo seusai sesi presentasi, belakangan mereka memutuskan tidur di sana sampai jelang pukul 4 pagi.

Suara orang merintih terdengar ketika kami berenam masih terjaga sementara yang lainnya mungkin sudah terlelap. Kami semua terbangun dari duduk. Saya mengajak Cesar dan seorang panitia putri untuk memeriksa arah suara rintihan berasal. Sementara yang lainnya menunggu di perapian api unggun dekat dapur.

Buru-buru kami melangkah sambil mengarahkan senter ke 2 tenda paling ujung dan menanyakan dari luar apakah ada yang sakit. Beberapa kali kami ulangi pertanyaan tapi tak ada suara jawaban. Sementara kami semua masih ingat betul sampai beberapa detik sebelum kami beranjak dari perapian suara rintihan itu masih terdengar. Untuk beberapa saat kami bertiga berkumpul di antara 2 tenda itu mengarahkan senter kembali ke arah tenda. Kami tidak membuka tirai tenda dan hanya menyorotinya dari luar dengan sesekali mengulangi pertanyaan : “apa ada yang sakit?”. Tapi lagi-lagi tak ada yang sakit.

Mendapati hal itu kami hanya saling menatap.  Suara siapa yang tadi kami dengar ?. Kami melangkah menjauhi tenda dan kembali menuju perapian. Sambil berjalan saya menghela nafas dan berkata kepada Cesar dan temannya : “mungkin rintihan itu hanya suara orang mengigau”.
Kami berenam berkumpul kembali di sekitar perapian, menghabisi malam, menikmati dingin. Ternyata sepanjang malam itu bintang-bintang berserakan menemani kami dari atas.

Ada banyak barisan kalimat yang saya kumpulkan dari semalam bersama BiOSC. Dari yang  ceria hingga suasana kebatinan ketika sebuah "insiden" dan "evakuasi" yang saya tahu untuk beberapa saat cukup menghantam emosi dan mental para peserta. Mereka memang sangat diuji kali ini. Juga termasuk bagaimana sebenarnya proses kreasi pembuatan makanan yang dilakukan oleh sejumlah pemasak "berprestasi". Cerita-cerita behind the camp dan on the spot yang mungkin tidak diketahui oleh para peserta atau mungkin sesama panitia. Saatnya rahasia diceritakan dan cerita dituliskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MILO CUBE, Cukup Dibeli Sekali Kemudian Lupakan

Alkisah, gara-gara “salah pergaulan" saya dibuat penasaran dengan Milo Cube. Akhirnya saya ikutan-ikutan membeli Milo bentuk kekinian tersebut.   Milo Cube (dok. pri). Oleh karena agak sulit menemukannya di swalayan dan supermarket, saya memesannya melalui sebuah marketplace online . Di berbagai toko online Milo Cube dijual dengan harga bervariasi untuk varian isi 50 cube dan 100 cube. Varian yang berisi 100 cube yang saya beli rentang harganya Rp65.000-85.000.   Pada hari ketiga setelah memesan, Milo Cube akhirnya tiba di tangan saya. Saat membuka bungkusnya saya langsung berjumpa dengan 100 kotak mungil dengan bungkus kertas hijau bertuliskan “MILO” dan “ENERGY CUBE”. Ukurannya benar-benar kecil. Satu cube beratnya hanya 2,75 gram, sehingga totalnya 275 gram.   Milo Cube yang sedang digandrungi saat ini (dok. pri). "Milo Kotak", begitu kira-kira terjemahan bebas Milo Cube (dok. pri). Tiba saatnya unboxing . Milo Cube ini berupa bubu

Sewa iPhone untuk Gaya, Jaminannya KTP dan Ijazah

Beberapa waktu lalu saya dibuat heran dengan halaman explore instagram saya yang tiba-tiba menampilkan secara berulang iklan penawaran sewa iPhone. Padahal saya bukan pengguna iPhone. Bukan seorang maniak ponsel, tidak mengikuti akun seputar gadget, dan bukan pembaca rutin konten teknologi. iPhone (engadget.com). Kemungkinan ada beberapa teman saya di instagram yang memiliki ketertarikan pada iPhone sehingga algoritma media sosial ini membawa saya ke konten serupa. Mungkin juga karena akhir-akhir ini saya mencari informasi tentang baterai macbook. Saya memang hendak mengganti baterai macbook yang sudah menurun performanya. Histori itulah yang kemungkinan besar membawa konten-konten tentang perangkat Apple seperti iphone dan sewa iPhone ke halaman explore instagram saya. Sebuah ketidaksengajaan yang akhirnya mengundang rasa penasaran. Mulai dari Rp20.000 Di instagram saya menemukan beberapa akun toko penjual dan tempat servis smartphone yang melayani sewa iPhone. Foto beberapa pelanggan

Berjuta Rasanya, tak seperti judulnya

“..bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu..” 14 Mei lalu saya mengunjungi toko buku langganan di daerah Gejayan, Yogyakarta. Setiba di sana hal yang pertama saya cari adalah majalah musik Rolling Stone terbaru. Namun setelah hampir lima belas menit mencarinya di bagian majalah saya tak kunjung mendapatinya. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan-jalan menyusuri puluhan meja dan rak lainnya. Jelang malam saya membuka tas dan mengeluarkan sebuah buku dari sana. Bersampul depan putih dengan hiasan pohon berdaun “jantung”. Sampul belakang berwarna ungu dengan beberapa tulisan testimoni dari sejumlah orang. Kembali ke sampul depan, di atas pohon tertulis sebuah frase yang menjadi judul buku itu. Ditulis dengan warna ungu berbunyi Berjuta Rasanya . Di atasnya lagi huruf dengan warna yang sama merangkai kata TERE LIYE . Berjuta Rasanya, karya terbaru dari penulis Tere Liye menjadi buk