Langsung ke konten utama

"soulmateKAHITNA"


soulmateKAHITNA”, begitulah para penggemar dan pengagum grup musik KAHITNA disapa. Begitupun mereka,  bangga menyebut diri mereka sebagai soulmateKAHITNA

Meskipun demikian nama soulmateKAHITNA belum “setua” umur KAHITNA yang kini memasuki angka 26 tahun. Dan seperti halnya musik KAHITNA yang  sempat mengalami metamorfosa, sebutan bagi penggemar KAHITNA pun mengalami “evolusi”. 

soulmateKAHITNA bukanlah nama pertama yang sejak awal digunakan untuk menyapa para penggemar KAHITNA. Lalu bagaimana sebelumnya KAHITNA menyapa penggemarnya ?. 

Di awal kiprah KAHITNA di panggung musik tanah air sempat dikenal istilah “Teman KAHITNA”. Dari sekian banyak Teman KAHITNA, kaum wanita adalah yang terbanyak. Maka kemudian sempat muncul derivat Teman KAHITNA yakni “Teman Cantik KAHITNA” dan “Gadis KAHITNA”. Sapaan itu secara lebih spesifik ditujukan untuk kalangan selebritis wanita maupun model-model yang pernah membintangi video klip mereka. Bukan hal yang aneh karena kenyataannya KAHITNA adalah salah satu band yang paling banyak digemari oleh kalangan bintang, pesohor hingga politisi tanah air. Dan lagi-lagi dari kesemuanya itu selebritis cantik mendominasi barisan pesohor pengagum KAHITNA.

Selain sapaan-sapaan di atas, KAHITNA juga memiliki “Dharma Wanita”. Sepintas sapaan ini terdengar aneh untuk sebuah band. Dalam “paguyuban” Dharma Wanita itulah para personel KAHITNA menempatkan sosok wanita paling istimewa di kehidupan mereka. Ya, “Dharma Wanita KAHITNA” adalah sebutan yang dipakai untuk menunjuk  istri para personel KAHITNA. 

Namun sampai pada saat itu KAHITNA rupanya belum menemukan satu istilah yang mantap untuk menyapa pengagum setia mereka. Hal ini berlangsung sampai beberapa saatsetelah kemunculan Cerita Cinta.  Selama periode itu KAHITNA secara bergantian menggunakan istilah standar seperti “fans” dan “penggemar” untuk menyapa pengagum setia mereka. Dan seiring perjalanan waktu, dengan terus melambungnya nama KAHITNA,  barisan pengagum mereka pun semakin bertambah hingga akhirnya  muncul nama “KAHITNA Mania”.  

“KAHITNA Mania”, nama inilah yang menjadi fans base bagi semua pengagum dan penggemar setia KAHITNA. “Teman KAHITNA”, ‘Teman Cantik KAHITNA” dan “Gadis KAHITNA”, semuanya adalah “KAHITNA Mania”. Beberapa tahun nama ini berkibar hingga akhirnya pada 2006 muncul nama baru : “soulmateKAHITNA”. Nama ini dimunculkan bersamaan dengan album ke enam KAHITNA yang berjudul “Soulmate”. Album ini juga melahirkan sebuah hits  berjudul sama yakni “Soulmate”. 

Selain ear catching, nama “soulmate” juga sangat serasi dan manis dirangkai dan diucapkan bersandingan dengan nama : “KAHITNA”.  Nama cantik yang tidak pasaran dan “tidak maksa”. Akhirnya “soulmateKAHITNA” pun  menjadi sapaan untuk barisan penggemar setia KAHITNA hingga kini.

“soulmate” dapat mempunyai arti beragam. Sebagian suka menerjemahkan sebagai “belahan jiwa” namun ada juga yang memilih mengartikannya dengan “kekasih hati”. Arti lain seperti “pasangan jiwa” dan "teman sejiwa" pun banyak digunakan. Namun apapun arti yang dipilih, soulmateKAHITNA adalah bagian tak terpisahkan dari KAHITNA. Jika seorang kekasih “biasa” sering mudah berpaling dan berpisah, maka tak demikian dengan soulmateKAHITNA.

Bicara soal soliditas,  barisan soulmateKAHITNA sepertinya mewarisi sifat KAHITNA. Kekompakkan dan kesetiaan KAHITNA yang telah dibuktikan dan dipertahankan selama 26 tahun tampaknya menurun pada soulmateKAHITNA. Barisan soulmateKAHITNA yang “berserakan” di mana-mana juga mempunyai cinta yang tak mudah rapuh pada band yang lagu-lagunya selalu menjadi soundtrack  cinta pilihan itu. Cinta mereka pun diungkapkan dan ditunjukkan dalam bentuk yang beragam

Barisan soulmateKAHITNA juga melintas generasi. Mereka yang ada di kelompok ini sangatlah beragam dan berwarna mulai dari anak-anak berseragam sekolah hingga pekerja kantoran. Dari ABG hingga “mantan ABG”. Dari remaja tanggung hingga pasangan yang telah berumah tangga. 

Militansi soulmateKAHITNA juga tak kalah dengan suporter sepakbola negeri ini yang terkenal “gila”. Tentu saja ekspresi mereka tak sama dengan suporter sepakbola. Namun jika sudah bicara KAHITNA, para soulmateKAHITNA akan berubah menjadi seperti orang “gila”.
Jadi siapa bilang kalau di negeri ini hanya sepakbola yang memiliki kelompok suporter yang solid ?. Di Indonesia juga ada kumpulan fans grup band yang cukup militan, mereka bernama “soulmateKAHITNA”.

Lalu bagaimana caranya menjadi soulmateKAHITNA ?. Apakah harus menjadi militan atau punya bibit-bibit militansi lebih dulu ??. Hmm..tak usah. Militansi akan tumbuh seiring waktu. Akan bersemi seiring cinta yang berkembang dalam hati. Tapi sekarang kita lupakan dulu segala urusan tumbuh dan bersemi itu karena menjadi soulmateKAHITNA tak sesukar menggapai awan.

Bisa jadi sampai saat ini masih banyak yang bertanya bagaimana cara mendaftar untuk menjadi soulmateKAHITNA ?. Bayar berapa ?. Di mana mendaftarnya ?. Dan sebagainya.

Sebelum pertanyaan-pertanyaan itu terjawab, ada satu yang perlu diketahui bahwa soulmateKAHITNA bukanlah kelompok penggemar yang “berbadan hukum”. Bukan karena harus berbadan hukum, melainkan karena soulmateKAHITNA bukanlah organisasi. Kelompok penggemar KAHITNA ini hingga kini tidak dan belum dilembagakan. Bahkan soulmateKAHITNA boleh dikata tak pernah dilahirkan karena belum pernah ditentukan tanggal lahirnya. Jadi soulmateKAHITNA bukan kelompok yang “well organize” ?. Bisa iya bisa juga tidak. Tidak terorganisir karena memang bukan organisasi, tidak punya dan tidak buka cabang. Tapi bukan berarti tidak teratur. Adalah rasa pertemanan dan kekeluargaan yang tumbuh secara spontan yang membuat soulmateKAHITNA bisa lebih kompak dibanding kelompok suporter lain yang terorganisir.

Maka hanya satu kata yang menjadi jawaban dari semua pertanyaan di atas, yakni TIDAK. Menjadi soulmateKAHITNA TIDAK perlu mendaftar mengisi formulir apalagi menuliskan tinggi badan, cita-cita, warna favorit, motto hidup plus foto close-up. Menjadi soulmateKAHITNA TIDAK perlu dengan mendatangi markas karena memang tidak ada markas untuk soulmateKAHITNA, mereka sudah ada di mana-mana. Menjadi soulmateKAHITNA TIDAK perlu “mendepositkan” uang untuk mendapatkan kartu anggota atau lisensi seperti halnya bisnis MLM. Dan menjadi soulmateKAHITNA cukup mudah, antara lain dengan cara-cara di bawah ini.
1     Jika kamu baru mengenal KAHITNA lewat lagu Mantan Terindah, Untukku atau Aku Punya Hati, Cinta Sendiri atau Soulmate, maka yang perlu dilakukan adalah menjelajahi dunia maya, boleh lewat yahoo, boleh lewat google, atau googling lewat yahoo (naah ??) pokoknya jelajahi dunia maya untuk mencari tahu lagu-lagu lain dari KAHITNA. Yang jelas KAHITNA sudah memiliki puluhan hits, albumnya saja ada 9. 

2.  Sembari googling lewat yahoo, kamu boleh membuka youtube untuk menyimak video klip-video klip KAHITNA dan juga penampilan live mereka baik saat konser maupun road show ke beberapa kota. Jumlah videonya mungkin sudah ada ratusan. Saya pun mendepositkan beberapa video penampilan live KAHITNA yang saya abadikan di youtube.

3.     Setelah mendapatkan daftar lagu milik KAHITNA hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mendapatkan file lagu tersebut. Ups !!! Bukan berarti saya menyarankan untuk mendownloadnya secara gratis di internet, karena itu sama saja kita ikut menyuburkan pembajakan. Seorang fans atau penggemar sejati tentu anti menikmati karya idola dalam bentuk file bajakan apalagi mendownloadnya secara gratis internet. Oleh karena itu setelah mendapatkan daftar lagu-lagu KAHITNA hal yang perlu dilakukan adalah.....

4.     Pergi ke toko musik, CD dan kaset untuk hunting album-album KAHITNA baik dalam bentuk CD, VCD maupun kaset yang ORIGINAL. Untuk saat ini, beberapa album lama KAHITNA di atas Soulmate mungkin sudah susah dijumpai. Namun tak perlu khawatir, untuk mendapatkan koleksi lagu-lagu lama KAHITNA kamu bisa membeli album 25 Tahun Cerita Cinta KAHITNA yang berisi 2 keping CD, didalamnya terdapat beberapa hits KAHITNA dari album pertama hingga kesembilan. Tentu saja tidak semua lagu ada, oleh karena itu setelah mendapatkan album tersebut, mengkoleksi album terdahulu bisa menyusul dilakukan kemudian.

5.   Usai dari toko musik, sempatkan mampir ke toko buku langgananmu. Tanyakan kepada pegawainya di mana kamu bisa mendapatkan kumpulan Cerpen KAHITNA yang berjudul “Di Antara Kebahagiaan, Cinta dan Perselingkuhan”.

6.    Menyediakan waktu untuk mendengarkan siaran radio favorit dan mencatat jam-jam prime time untuk rekues lagu. Sisihkan sedikit pulsa untuk rekues lagu KAHITNA yang paling kamu suka.

7.    Selanjutnya mulailah dengarkan lagu-lagu KAHITNA di saat senggang mu. Di kala malam mulai mengantarmu ke penghujung hari. Di saat mentari menyambutmu memulai pagi. Di saat cinta datang menghampiri. Dan kapanpun selagi kamu punya hati.

Bahkan “di saat kamu mendengarkan satu lagu cinta KAHITNA, lalu hatimu termenung sementara jiwamu berbisik menyukainya, maka saat itu sebenarnya kamu telah menjadi bagian dari mereka, bagian dari soulmateKAHITNA”
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pacar yang Baik Bernama "Patjar Merah"

“Jokowi itu China, nama aslinya Wie Jo Koh. Dia juga kafir, waktu lahir nama Kristen-nya Herberthus”
Narasi tersebut barangkali masuk dalam jajaran hoaks paling keren abad ini. Dalam kitab besar “hoaks-mania", narasi itu mungkin dijumpai di kategori “paket hoaks premium” karena sasarannya tokoh besar dan terbukti memiliki dampak yang luas serta dahsyat. Banyak orang mempercayainya sampai ke dalam lubuk hati. Meski kemudian terbukti kebohongannya, tapi tetap diyakini: pokoknya Jokowi itu China kafir! Begitulah, hari demi hari kita semakin sering menjumpai aneka rupa orang dengan tampang yang mengesankan malasnya mereka membaca. Kepada dunia mereka konsisten memamerkan kebodohan.
Perlu digarisbawahi bahwa kebodohan diam-diam menular seperti virus yang bisa menjangkiti tubuh manusia. Abang ojek, penjual sayur, buruh pabrik, hingga orang-orang sebenarnya berilmu seperti mahasiswa, aktivis pemuda, guru, dokter, doktor, artis, bekas artis, dan ustad bisa dijangkiti kebodohan. Pendek kata …

Wajah Pangeran Diponegoro Mirip Jokowi

Untuk kali pertama, Babad Diponegoro yang telah ditetapkan sebagai Warisan Ingatan Dunia oleh UNESCO “dialihwahanakan” dalam bentuk visual. Sebanyak 51 lukisan dibuat secara khusus dengan mengacu pada pupuh-pupuh yang termuat dalam naskah Babad Diponegoro. Pemilihan kisah yang diangkat melibatkan para akademisi dan sejarawan. Sementara para pelukisnya merupakan seniman pilihan yang juga melakukan riset dan mengumpulkan informasi.

Hasilnya tercipta visual-visual indah sekaligus mengejutkan yang secara naratif menceritakan riwayat hidup Pangeran Diponegoro sejak kelahirannya. Semua lukisan itu bisa disimak dalam Pameran Sastra Rupa “Gambar Babad Diponegoro” yang berlangsung di Jogja Gallery, 1-24 Februari 2019.
Di antara semua lukisan yang dipamerkan, ada lukisan yang memiliki daya pikat khusus sehingga segera menarik perhatian manakala pertama kali manatapnya. Lukisan itu berjudul “Abdulrohim Jokowibowo Namaku”. 
Sigit Santoso membuatnya dengan cat minyak di atas kanvas berukuran 115x185 …

Selamat Tinggal TCASH, Selamat Datang LinkAja!

Sebuah sms saya terima pada 30 Januari 2019. Pengirimnya Bank Mandiri. Isinya pemberitahuan tentang platform digital baru bernama LinkAja! dengan menyinggung “masa depan” Mandiri e-cash, dompet uang elektronik yang selama ini saya miliki.

“Pengguna ecash yth, Mulai 01Mar2019 saldo mandiri e-cash Anda akan dipindahkan ke LinkAja. Nantikan LinkAja di Playstore&Appstore mulai 21Feb2019”.
Pemberitahuan itu lumayan mengagetkan. Saya pun segera mencari tahu kepastiannya kepada @Mandiricare lewat twitter dan dikonfirmasi bahwa benar adanya Mandiri E-cash akan berubah menjadi LinkAja. Selanjutnya saldo E-cash akan dipindahkan ke LinkAja.
Beberapa hari kemudian giliran sms dari TCash saya terima. Isinya kurang lebih sama soal peluncuran LinkAja pada 21 Februari 2019 sebagai pengganti aplikasi TCash Wallet yang akan segera dimatikan. Sama seperti saldo Ecash, saldo TCash pun akan dikonversi menjadi saldo LinkAja.
Belakangan pada 20 Februari 2019 sms pemberitahuan datang lagi baik dari Bank Mand…