Langsung ke konten utama

PRIA BAIK-BAIK TIDAK MAKAN NASI


Halo semua, bagaimana puasanya ?. Alhamdulillah lancar ya, tetap semangat dan sehat. Apa makanan berbuka favorit kalian ?. Apakah langsung makan besar ?. Atau pemanasan dulu dengan kurma ?. Ngemil gorengan, kolak atau es buah ?. Atau ada yang sama seperti saya hari ini ?. Berbuka hanya dengan Buah, Tanpa nasi !. 


Memang bisa ?. Boleh dicoba kok.

Di bulan puasa biasanya saya baru makan besar di atas jam 8 malam. Dengan kata lain lebih sering membatalkan puasa dengan pendahuluan teh manis, sedikit kolak atau es buah atau tempe goreng.

Tapi kondisi beberapa hari ini berbeda. Beberapa hari lalu kesehatan saya terganggu  dan baru kemarin sore pulang lagi ke kos. Namun Alhamdulillah masih bisa berpuasa karena obat diminum setelah berbuka atau jelang tengah malam dan saat sahur.

Namun usai sehari kembali ke kos, badan  yang hari sebelumnya sudah merasa enak kembali bergejolak. Akhirnya setelah diingatkan via telepon oleh ibu  saya baru beranjak makan  nasi jelang pukul 9 malam. Sementara saat berbuka saya hanya mengunyah sepotong roti dan secangkir teh.

Hari ini pun tak jauh beda. Bahkan saya akhirnya meninggalkan nasi. Hari ini saat berbuka maupun setelahnya saya tak makan nasi. Saya mencoba untuk lebih segar dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Saya tak tahu apa pilihan ini tepat atau tidak di saat kondisi tubuh saya masih begini. Tapi saya merasa sudah lebih baik dan keinginan untuk berbuka dengan buah muncul saat tadi siang menonton sebuah acara TV.

Di acara Jelita Indosiar, Erikar Lebang memberikan tips dan panduan mengkombinasikan buah sebagai pengganti nasi untuk berbuka atau sahur. Kandungan vitamin, serat, karbohidrat dan mineral yang tinggi pada beberapa jenis buah ternyata bisa menggantikan nasi jika orang memang sedang tak ingin makan nasi. Dan saya pun mengamininya karena saya memang suka makan buah. Namun menjadikannya sebagai menu utama berbuka/bersahur baru hari ini.

Maka setelah melihat mas Erik mendemonstrasikan cara mengkombinasikan buah sebagai menu saat berpuasa saya langsung ingin mencobanya. Jelang sore saya membeli pepaya dan nanas lalu memotongnya kecil-kecil dengan perbandingan jumlah pepaya : nanas = 2 : 1. Namun yang saya habiskan lebih dulu adalah pepaya. Makan nanas terlalu cepat tak berani saya lakukan karena selain masih harus minum obat, saya juga memiliki gangguan lambung.
Dan ternyata enak juga berbuka hanya dengan buah segar. Sayang persediaan madu habis. Susu sebenarnya bisa jadi penggantinya, namun saya memilih untuk tak menambahkan susu.

Sore ini, saya berbuka dengan segelas teh & satu tupperware berisi pepaya dan nanas.

Selamat berbuka teman-teman, apapun menunya, syukuri dan nikmatilah. 

Komentar